tugas sosiologi pendidikan
1) Tugas
tugas perkembangan pada usia sekoah dasar (6 -12 th/SD)[1]
a. Belajar
memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan.
Pertumbuhan
fisik dan otak terjadi disini, anak mulai menguasai otot otot, sehingga anak
mulai berlari dengan stabil,makin mantap, dan cepat. Sehingga pada masa ini
seorang anak sudah dapat berbaris, senam pagi, sepakbola, lompat tali dan
sebagainya.
b. Belajar
membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
1. Mencontohkan untuk selalu memelihara kebersihan badan,
keselamatan dan juga kesehatan
2. Sikap
positif terhadap jenis kelaminya (pria atau wanita) mualai berkembang dan juga
mulai menerima sesuatu yang ada dan melekat pada tubuhnya secara positif.
c. Mulai
belajar bergaul dengan teman teman sebayanya.
Sekolah
pada masa ini adalah lingkungan yang baru yang penuh dengan teman teman
sebayanya. Sehingga belajar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan
situasi yang baru perlu di lakukan, kadang anak merasa senang pada lingkungan
baru ketika mereka menemukan teman sepermainan yang berbudi baik, dank lop
dengan anak itu, tapi kadang kala anak merasa tidak betah, karena secara tidak
sengaja dia menemukan anak yang nakal dan sering mengganggunya.
d. Belajar
memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminya.
Anak anak mulai membeda
bedakan antara anak laki laki dengan perempuan, misalnya dalam hal permainan, anak
laki laki tidak akan membolehkan anak perempuan bermain gangsing, dan juga
sebaliknya, anak perempuan pun tak membolehkan ketika ada anak laki laki yang bermain
boneka bonekaan.
e. belajar
keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung
usia 6 sampai 12 di
sebut sebagai masa sekolah karena pada usia ini anak di pandang scara
pertumbuhan jasmani dan kematangan rohani sedah cukup untuk menerima pengajaran.
Dan untuk dapat hidup pada masyarakat yang berbudaya seperti Indonesia. Paling
sedikit anak harus sudah lulus pada sekolah dasar, karena ketika anak sudah
lulus sekolah dasar anak di pandang sudah mampu dan mempunya kemampuan untuk
membaca, menulis, dan berhitung.
f. Belajar
mengembangkan konsep sehari-hari.
Ketika
kita telah melihat mendengar mengecap, mencium dan mengalami, maka itu akan
menjadi ingatan yang menempel pada diri kita, nah ingatan ini disebut dengan
konsep, semakin banyak anak mengalami, maka semakin banyak konsep yang ia
peroleh, nah, sekolah disini mempunya tugas menanamkan konsep konsep yang jelas
dan benar, konsep konsep itu meliputi kaidah kaidah atau ajaran agama (moral).
g. Mengembangkan
kata hati. Mengembangkan
Ciri ciri perkembangan pada usia
sekolah dasar:
- Pertumbuhan Fisik yang sangat Cepat
- lenyapnya kelenjar thymus yang terletak pada kelenjar dada
- lenyapnya kelenjar thymus yang terletak pada kelenjar dada
- mulai terjadinya pergantian gigi
2) Tugas
tugas perkembangan pada masa usia sekolah menengah[2]
a.
Menerima fisiknya sendiri
berikut keragaman kualitasnya
b.
Mencapai kemandirian
emosional dari orang tua atau figur - figur yang mempunyai otoritas.
c.
Mengembangkan keterampilan
komunikasi interpersonal dan belajar bergaul dengan teman sebaya atau orang
lain, baik secara individual maupun kelompok.
d.
Menemukan manusia model yang
dijadikan identitasnya.
e.
Menerima dirinya sendiri dan
memiliki kepercayaan terhadap terhadap kemampuan sendiri.
f.
Memperkuat self-control
(kemampuan mengendalikan diri) atau dasar skala nilai, prinsip prinsip atau
falsafah hidup (weltanschauung).
g.
Mampu meninggalkan reaksi
dan penyesuaian diri (sikap/perilaku) kekanak-kanakan.
Dan
adapun yang menyebutkan tugas tugas perkembangan masa usia sekolah menengah
antara lain[3]:
§ Memiliki sikap dan perilaku beriman
dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.
§ Mencapai hubungan sosial yang lebih
matang dengan teman sebaya
§ Memiliki peran sosial sebagai pria
dan wanita
§ Menerima keadaan diri dan
menggunakannya secara efektif
§ Mencapai kemandirian emosional dari
orang tua dan orang dewasa lainnya.
§ Mencapai kemandirian perilaku
ekonomis
§ Memiliki pilihan dan persiapan untuk
suatu pekerjaan
§ Memiliki persiapan untuk perkawinan
dan hidup berkeluarga
§ Memiliki keterampilan intelektual
dan konsep yang diperlukan sebagai anggota masyarakat yangbaik
§ Memiliki perilaku sosial yang
bertanggungjawab
§ Memiliki seperangkat nilai dan
sistem etis sebagai pedoman berperilaku (Juntika Nurihsan, 1998;80-84)
Selain
tugas-tugas perkembangan, kita juga harus mengenal ciri-ciri khusus pada
remaja, antara lain:
- Pertumbuhan Fisik yang sangat Cepat
- Emosinya tidak stabil
- Perkembangan Seksual sangat menonjol
- Cara berfikirnya bersifat kausalitas (hukum sebab akibat)
- Terikat erat dengan kelompoknya
- Pertumbuhan Fisik yang sangat Cepat
- Emosinya tidak stabil
- Perkembangan Seksual sangat menonjol
- Cara berfikirnya bersifat kausalitas (hukum sebab akibat)
- Terikat erat dengan kelompoknya
Perkembangan secara umum mempunyai ciri ciri sebagai berikut:[4]
a) Terjadinya
perkembangan dalam
-
aspek fisik : meliputi tinggi badan,
berat badan dan lain lain
-
aspek psikis : banyaknya perbendaharaan
kata dan mulai matangnya kemampuan berfikir, serta menggunakan imajinasi
kreatifnya.
b) Terjadinya
perubahan dalam proporsi
-
aspek fisik : proporsi tubuh anak
berubah sesuai dengan fase perkembanganya
-
aspek psikis : perubahan polapikir yang
tadinya penuh dengan imajinasi ke realistis.
c) Lenyapnya
tanda-tanda yang lama:
-
Tanda tanda fisik : lenyapnya kelenjar
thymus) yang terletak pada bagian bagian dada pada anak anak
-
Tanda tanda psikis : lenyapnya masa
mengoceh
d) Diperoleh
tanda tanda yang baru, karena ciri ciri yang lama telah hilang maka ciri ciri
yang barupun mulai terlihat.
[1]
Yusuf,syamsu.2011.”psikologi perkembangan
anak dan remaja”.bandung:rosda. Hal.69
[2]
Ibid. hal.72
[4]
Yusuf,syamsu.2011.”psikologi perkembangan
anak dan remaja”.bandung:rosda. Hal.16
Post a Comment for "tugas sosiologi pendidikan"
silahkan tulis pendapatmu disini