Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

tugas sosiologi pendidikan


1)      Tugas tugas perkembangan pada usia sekoah dasar (6 -12 th/SD)[1]
a.       Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan.
Pertumbuhan fisik dan otak terjadi disini, anak mulai menguasai otot otot, sehingga anak mulai berlari dengan stabil,makin mantap, dan cepat. Sehingga pada masa ini seorang anak sudah dapat berbaris, senam pagi, sepakbola, lompat tali dan sebagainya.
b.      Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
1.      Mencontohkan  untuk selalu memelihara kebersihan badan, keselamatan dan juga kesehatan
2.      Sikap positif terhadap jenis kelaminya (pria atau wanita) mualai berkembang dan juga mulai menerima sesuatu yang ada dan melekat pada tubuhnya secara positif.
c.       Mulai belajar bergaul dengan teman teman sebayanya.
Sekolah pada masa ini adalah lingkungan yang baru yang penuh dengan teman teman sebayanya. Sehingga belajar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru perlu di lakukan, kadang anak merasa senang pada lingkungan baru ketika mereka menemukan teman sepermainan yang berbudi baik, dank lop dengan anak itu, tapi kadang kala anak merasa tidak betah, karena secara tidak sengaja dia menemukan anak yang nakal dan sering mengganggunya.
d.      Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminya.
Anak anak mulai membeda bedakan antara anak laki laki dengan perempuan, misalnya dalam hal permainan, anak laki laki tidak akan membolehkan anak perempuan bermain gangsing, dan juga sebaliknya, anak perempuan pun tak membolehkan ketika ada anak laki laki yang bermain boneka bonekaan.
e.       belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung
usia 6 sampai 12 di sebut sebagai masa sekolah karena pada usia ini anak di pandang scara pertumbuhan jasmani dan kematangan rohani sedah cukup untuk menerima pengajaran. Dan untuk dapat hidup pada masyarakat yang berbudaya seperti Indonesia. Paling sedikit anak harus sudah lulus pada sekolah dasar, karena ketika anak sudah lulus sekolah dasar anak di pandang sudah mampu dan mempunya kemampuan untuk membaca, menulis, dan berhitung.
f.       Belajar mengembangkan konsep sehari-hari.
Ketika kita telah melihat mendengar mengecap, mencium dan mengalami, maka itu akan menjadi ingatan yang menempel pada diri kita, nah ingatan ini disebut dengan konsep, semakin banyak anak mengalami, maka semakin banyak konsep yang ia peroleh, nah, sekolah disini mempunya tugas menanamkan konsep konsep yang jelas dan benar, konsep konsep itu meliputi kaidah kaidah atau ajaran agama (moral).
g.      Mengembangkan kata hati. Mengembangkan

Ciri ciri perkembangan pada usia sekolah dasar:
- Pertumbuhan Fisik yang sangat Cepat
- lenyapnya kelenjar thymus yang terletak pada kelenjar dada
- mulai terjadinya pergantian gigi


2)      Tugas tugas perkembangan pada masa usia sekolah menengah[2]
a.       Menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya
b.      Mencapai kemandirian emosional dari orang tua atau figur - figur yang mempunyai otoritas.
c.       Mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal dan belajar bergaul dengan teman sebaya atau orang lain, baik secara individual maupun kelompok.
d.      Menemukan manusia model yang dijadikan identitasnya.
e.       Menerima dirinya sendiri dan memiliki kepercayaan terhadap terhadap kemampuan sendiri.
f.       Memperkuat self-control (kemampuan mengendalikan diri) atau dasar skala nilai, prinsip prinsip atau falsafah hidup (weltanschauung).
g.      Mampu meninggalkan reaksi dan penyesuaian diri (sikap/perilaku) kekanak-kanakan.


Dan adapun yang menyebutkan tugas tugas perkembangan masa usia sekolah menengah antara lain[3]:
§  Memiliki sikap dan perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.
§  Mencapai hubungan sosial yang lebih matang dengan teman sebaya
§  Memiliki peran sosial sebagai pria dan wanita
§  Menerima keadaan diri dan menggunakannya secara efektif
§  Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
§  Mencapai kemandirian perilaku ekonomis
§  Memiliki pilihan dan persiapan untuk suatu pekerjaan
§  Memiliki persiapan untuk perkawinan dan hidup berkeluarga
§  Memiliki keterampilan intelektual dan konsep yang diperlukan sebagai anggota masyarakat yangbaik
§  Memiliki perilaku sosial yang bertanggungjawab
§  Memiliki seperangkat nilai dan sistem etis sebagai pedoman berperilaku (Juntika Nurihsan, 1998;80-84)

Selain tugas-tugas perkembangan, kita juga harus mengenal ciri-ciri khusus pada remaja, antara lain:
- Pertumbuhan Fisik yang sangat Cepat
- Emosinya tidak stabil
- Perkembangan Seksual sangat menonjol
- Cara berfikirnya bersifat kausalitas (hukum sebab akibat)
- Terikat erat dengan kelompoknya

Perkembangan secara umum mempunyai ciri ciri sebagai berikut:[4]
a)      Terjadinya perkembangan dalam
-          aspek fisik : meliputi tinggi badan, berat badan dan lain lain
-          aspek psikis : banyaknya perbendaharaan kata dan mulai matangnya kemampuan berfikir, serta menggunakan imajinasi kreatifnya.
b)      Terjadinya perubahan dalam proporsi
-          aspek fisik : proporsi tubuh anak berubah sesuai dengan fase perkembanganya
-          aspek psikis : perubahan polapikir yang tadinya penuh dengan imajinasi ke realistis.
c)      Lenyapnya tanda-tanda yang lama:
-          Tanda tanda fisik : lenyapnya kelenjar thymus) yang terletak pada bagian bagian dada pada anak anak
-          Tanda tanda psikis : lenyapnya masa mengoceh
d)     Diperoleh tanda tanda yang baru, karena ciri ciri yang lama telah hilang maka ciri ciri yang barupun mulai terlihat.


[1] Yusuf,syamsu.2011.”psikologi perkembangan anak dan remaja”.bandung:rosda. Hal.69
[2] Ibid. hal.72
[4] Yusuf,syamsu.2011.”psikologi perkembangan anak dan remaja”.bandung:rosda. Hal.16

Post a Comment for "tugas sosiologi pendidikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel