prota promes dan silabus
PENGHITUNGAN PEKAN EFEKTIF
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : V
Semester : I
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Nama Sekolah : MI Nurul Ulum Lebeng
A. Jumlah Pekan
| No | Bulan | Tanggal | ∑ Pekan | ||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
| 1 | Juli | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | 5 |
| 2 | Agustus | 7 | 14 | 21 | 28 | - | 4 |
| 3 | September | 4 | 11 | 18 | 25 | - | 4 |
| 4 | Oktober | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | 5 |
| 5 | November | 6 | 13 | 20 | 27 | - | 4 |
| 6 | Desember | 4 | 11 | 18 | 25 | - | 4 |
| JUMLAH | 26 | ||||||
B. Jumlah Pekan Tidak Efektif
| No | Bulan | Tanggal | Keterangan | ∑ Pekan |
| 1 | Juli | 10 | Perkiraan Isro’mimi’roj Nabi | 1 |
| 2 | Agustus | - | - | - |
| 3 | September | 4,11 | Libur hari raya idul fitri | 2 |
| 4 | Oktober | - | - | - |
| 5 | November | - | - | - |
| 6 | Desember | 4,11,18,25 | Ulangan Akhir Semester Gasal, Pembagian Rapor Peserta Didik, Libur Semester Gasal. | 4 |
| JUMLAH | 7 | |||
C. Jumlah pekan Efektif
| No | Bulan | Tanggal | ∑ Pekan |
| 1 | Juli | 3,17,24,31 | 4 |
| 2 | Agustus | 7,14,21,28 | 4 |
| 3 | September | 18,25 | 2 |
| 4 | Oktober | 2,9,16,23,30 | 5 |
| 5 | November | 6,13,20,27 | 4 |
| 6 | Desember | - | - |
| JUMLAH | 19 | ||
Jumlah pekan efektif = Jumlah pekan – Jumlah Pekan Tidak Efektif
= 26 – 7
= 19
Dikarenakan setiap 1 pekan terdapat 2 jam pelajaran, maka apabila 18 pekan (pertemuan):
= 19 x 2
= 38
Catatan: 1 jam pelajaran = 35 menit
PENGHITUNGAN PEKAN EFEKTIF
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : V
Semester : II
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Nama Sekolah : MI Nurul Ulum Lebeng
A. Jumlah Pekan
| No | Bulan | Tanggal | ∑ Pekan | ||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
| 1 | Januari | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | 5 |
| 2 | Februari | 5 | 12 | 19 | 26 | - | 4 |
| 3 | Maret | 5 | 12 | 19 | 26 | - | 4 |
| 4 | April | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | 5 |
| 5 | Mei | 7 | 14 | 21 | 28 | - | 4 |
| 6 | Juni | 4 | 11 | 18 | 25 | - | 4 |
| JUMLAH | 26 | ||||||
B. Jumlah Pekan Tidak Efektif
| No | Bulan | Tanggal | Keterangan | ∑ Pekan |
| 1 | Januari | 1 | Lanjutan Telaah dan Penjabaran serta pendalaman materi SKL UN tahun pelajaran 2010/2011 | 1 |
| 2 | Februari | - | - | - |
| 3 | Maret | - | - | - |
| 4 | April | - | - | - |
| 5 | Mei | 21,28 | Perkiraan UAMBN MI | 2 |
| 6 | Juni | 4,11,18,25 | Ulangan Akhir Semester,Pembagian Rapor, Pengumuman Pendaftaran, Analisa dan Daftar Ulang PPD | 4 |
| JUMLAH | 7 | |||
C. Jumlah pekan Efektif
| No | Bulan | Tanggal | ∑ Pekan |
| 1 | Januari | 8,15,22,29 | 4 |
| 2 | Februari | 5,12,19,26 | 4 |
| 3 | Maret | 5,12,19,26 | 4 |
| 4 | April | 2,9,16,23,30 | 5 |
| 5 | Mei | 7,14, | 2 |
| 6 | Juni | - | - |
| JUMLAH | 19 | ||
Jumlah pekan efektif = Jumlah pekan – Jumlah Pekan Tidak Efektif
= 26 – 7
= 19
Dikarenakan setiap 1 pekan terdapat 2 jam pelajaran, maka apabila 18 pekan (pertemuan):
= 19 x 2
= 38
Catatan: 1 jam pelajaran = 35 menit
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS X SEMESTER I & II
MI NURUL ULUM LEBENG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas : V
Semester : I
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu (jam pelajaran) | Keterangan |
| 1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah 2. Menggunakan pengukuran waktu, Sudut, Jarak, kecepatan dalam pemecahan masalah 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakanya dalam pemecahan masalah 4. Menghitung Volume kubus, dan balok dan menggunakanya dalam pemecahan Masalah | 1.1.Melakukan Operasi Hitung Bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran 1.2.Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB 1.3.Melakukan operasi hitung campuran bilangn bulat 1.4.Menghitung perpangkatan dan akar sederhana 1.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB 2.1.Menulis tanda waktu dengan menggunakan notaso 24 jam 2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu 2.3.Melakukan pengukuran sudut 2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan 2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan 3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang 3.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar 4.1. Menghitung volume kubus dan balok 4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus | 2 4 2 4 2 2 2 2 2 4 2 4 2 4 | |
| JUMLAH | 38 | | |
Mengetahui,
| Mengetahui, Kepala Madrasah ??????????????? NIP. | Guru Pengampu, Bisri Mustofa NIM.102331199 |
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS X SEMESTER I & II
MI NURUL ULUM LEBENG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas : V
Semester : II
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Keterangan |
| 3. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah 4. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun | 5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya 5.2. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan 5.3. mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan 5.4. menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala 4.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar 4.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang 4.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana 4.4.Menyelidiki sifat sifat kesebangunan dan simetri 4.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | 4 4 4 6 2 2 4 6 6 | |
| Jumlah | 38 | | |
PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA KELAS/ SEMESTER : V/I
SATUAN PANDIDIKAN : MI NURUL ULUM LEBENG TAHUN PELAJARAN : 2010/2011
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Waktu Jam | Pelaksanaan Bulan dan Pekan Ke | Keterangan | |||||||||||||||||||||||||||||
| Juli | Agustus | September | Oktober | November | Desember | ||||||||||||||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
| 1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah | 1.1.Melakukan Operasi Hitung Bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran 1.2.Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB 1.3.Melakukan operasi hitung campuran bilangn bulat 1.4.Menghitung perpangkatan dan akar sederhana 1.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB | 2 4 2 4 2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| 2. Menggunakan pengukuran waktu, Sudut, Jarak, kecepatan dalam pemecahan masalah | 2.1.Menulis tanda waktu dengan menggunakan notaso 24 jam 2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu 2.3.Melakukan pengukuran sudut 2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan 2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan | 2 2 2 2 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
| 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakanya dalam pemecahan masalah | 3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang 3.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar | 2 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
| 4. Menghitung Volume kubus, dan balok dan menggunakanya dalam pemecahan Masalah | 4.1. Menghitung volume kubus dan balok 4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus | 2 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
| Cadangan Waktu | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| Ulangan Tengah Semester | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| Ulangan Akhir Semester | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| JUMLAH | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| | |
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Kelas
Suratno Bisri Mustofa
NIP.330207 120 792 NIM. 102331199
PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA KELAS/ SEMESTER : V/II
SATUAN PANDIDIKAN : MI NURUL ULUM LEBENG TAHUN PELAJARAN : 2010/2011
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Waktu Jam | Pelaksanaan Bulan dan Pekan Ke | Keterangan | |||||||||||||||||||||||||||||
| Juli | Agustus | September | Oktober | November | Desember | ||||||||||||||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
| 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah | 5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya 5.2. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan 5.3. mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan 5.4. menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun | 6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar 6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang 6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana 6.4.Menyelidiki sifat sifat kesebangunan dan simetri 6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | | |||||||||||||||||||||||||||||||
| Cadangan Waktu | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| Ulangan Tengah Semester | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| Ulangan Akhir Semester | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
| JUMLAH | | ||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Kelas
Suratno Bisri Mustofa
NIP.330207 120 792 NIM. 102331199
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas : V
Semester : I
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah
| Kompetensi Dasar | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilain | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk | Instrumen | ||||||
| 1.1.Melakukan Operasi Hitung Bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran | Operasi hitung bilangan Sifat opeerasi hitung bilangan o Pengerjaan hitung campuran (hlm.2) | o Memahami contoh soal hlm. 2 o Mengerjakan latian 1 dan 2 (hlm.3) | o Melakukan pekerjaan hitung campuran. | Tugas individu | Uraian | Latian 1,2 hlm 3 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: Buku |
| 1.2.Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB | Faktorisasi prima untuk menentukan FBP dan KPK (hlm.4) | Memahami cara mencari faktor prima suatu bilangan Mengerjakan latian 4,5, hal 5 | Mencari faktor prima suatu bilangan | Tugas individu | Laporan buku pekerjaan Rumah | Latian 6,7 hlm.4 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: Buku |
| 1.3.Melakukan operasi hitung campuran bilangn bulat | Mencari hasil penjumlahan, pengurangan perkalian bilangan bulat. Mencari hasil operasi hitung campuran deengan bilangan bulat | Mengerjakan latian 12 dan 13 hlm.17 Mengerjakan latian 13 no. Ganjil hal.17 | Melakukan operasi hitung campuran | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | Latian 12, 13, hlm.17 Latian 13, no ganjil. Hal.17 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: Buku |
| 1.4.Menghitung perpangkatan dan akar sederhana | Akar pangkat tiga · Arti pangkat tiga suatu bilangan · Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan | Memahami bilangan pangkat dua,tiga, empat dan seterusnya. Memahami contoh hal.20 Memahami latian 1 dan 2, hal.21 | Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkat tiga suatu bilangan | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | Latian 1 dan 2 halaman 21 Latian 2 hal.22 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
| 1.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB | Operasi hitun g bilangan · Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat | Memahami contoh hlm.27 Mengerjakan latian 8 s.d 11 | Menghitung operasi pada bilangan berpangkat | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | Latian 8 hlm.27 Latian 9 hlm.27 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas : V
Semester : I
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, Sudut, Jarak, kecepatan dalam pemecahan masalah
| Kompetensi Dasar | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilain | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk | Instrumen | ||||||
| 2.1.Melakukan operasi hitung satuan waktu | Pengukuran · Hubunga jam menit dan detik | Memahami hubungan antara jam,menit, detik Mengerjakan latian 1 dan 2 Memahami contoh dalam bentuk soal cerita | Menghitung hubungan jam,menit,detik | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | Latian dari guru Latian 1,,2 hlm.33 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: dua botol susu plastik, jam tangan ,paku ukuran besar dan sedang,spidol besar dan air secukupnyaa |
| 2.2.Melakukan pengukuran sudut | Hubungan antar satuan volume | Mengerjakan latian 3 hlm.34 Mengerjakan latian 4 hlm.34 | Menentukan dan menaksir sudut. Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | Latian 4 hlm 35 Mencongak mlm.36 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
| 2.3.Mengenal satuan jarak dan kecepatan | Mengenal satuan debit | Menjelaskan rumus untuk menghitung debit air Menjelaskan contoh hal. 43 | Mengenal hubungan antar satuan jarak Menghitung satuan jarak | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | Latian 1 hlm 44 Teka-teki silang cepat hitung hlm.45 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: dua botol susu plastik, jam tangan ,paku ukuran besar dan sedang,spidol besar dan air secukupnyaa |
| 2.4.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan | Operasi hitun g bilangan · Menyelesaikan masalah yang melibatkan waktu,jarak,dan kecepatan. | Menugaskan mengerjakan latiann 4,5 hal 45 Menugaskan untuk mengerjakan uji kompetensi bab 2 hlm 45 | Menghitung masalah yang berkaitan dengan waktu jarak dan kecepatan. | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas : V
Semester : I
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakanya dalam pemecahan masalah
| Kompetensi Dasar | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilain | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk | Instrumen | ||||||
| 3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang | Menurunkan rumus luas bangun datar dari persegi panjang | Menjelaskan luas jajaran genjang Mempelajari contoh penyelesaian latian 1 s.d 6 | Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
| 3.2.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar | Luas segi banyak mlm.55 | Memahami bangun: - Trapesium - Belak ketupat - Layang-layang | Menghitung luas berbagai bangun datar | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
| 3.3. Menghitung volume kubus dan balok | Luas dan volume Luas lingkaran · Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar · Luas segi banyak | Memahami dan mencatat luas lingkaran Panjang jari-jari=1/2 garis tengah Memahami contoh soal halaman 61 dan 62 Mengerjakan latian 1 s.d 4 | Menurunkan rumus luas lingkaran Menghitung luas lingkaran jika di ketahui jari-jarinya, dan dia meternya. | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | Latiann 1 hlm.60 Latian 2 hlm.62 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
| 3.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus | luas prisma segitiga dan bangun linhgkaran · Menerapkan rumus volume tabung lingkaran | memahami rumus volume bangun - Prisma segitiga V=1/2(alas x tinggi) x tinggi prisma | Menurunkan rumus volume bangun Menghitung volume bangun ruan | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | Latiann 1 hlm.67 Latian 2 hlm.68 | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas : V
Semester : I
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Standar Kompetensi : 4. Menghitung Volume kubus, dan balok dan menggunakanya dalam pemecahan Masalah
| Kompetensi Dasar | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilain | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk | Instrumen | ||||||
| 4.1. Menghitung volume kubus dan balok | Menerapkan dan menghitung volume kubus | Menjelaskan contoh soal hlm.80 Menugaskan mengerjakan kegiatan 1-4 | | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
| 4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus | Menyelesaikan masalah yang melibatkan volume kubus | Mengerjakan latian 1 hal 88 Mengerjakan tugas hlm. 89 | | Tugas mandiri | Laporan buku pekerjaan rumah | | | Sumber: Buku MATEMATIKA A6A Alat: - |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas : V
Semester : II
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
| Kompetensi Dasar | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilain | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk | Instrumen | ||||||
| 5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya | OPERASSI HITUNG Operasi hitung pecahan | Menulis berbagai bentuk bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, Melakjukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat di ambil dari kehidupan sehari-hari | Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai Membulatkan pecahan desimal sampaim dua angka di belakang koma | Tugas mandiri dan kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Tugas guru | | Sumber buku MATEMATIA KA 6B alat:- |
| 5.2. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan | OPERASSI HITUNG Operasi hitung pecahan | Melakukan diskuasi kelas untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pecahan Melakukan latian soal yang memecahkan pecahan dalam kehidupan sehari hari. | Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai | Tugas mandiri dan kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah Dan uraian obyek | Tugas guru | | Sumber buku MATEMATIA KA 6B alat:- |
| 5.3. mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan | OPERASSI HITUNG Operasi hitung pecahan | Membahas permasalahan sehari hari yang berhubungan dengan letak sebuah pecahan | Membulatkan pecahan desimal sampaim dua angka di belakang koma | Tugas mandiri dan kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | | Buatlah sebuah pecahan | Sumber buku MATEMATIA KA 6B alat:- |
| 5.4. menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala | OPERASSI HITUNG Operasi hitung bilangan | Melakukan diskusi dan tanya jawab untuk meentukan letak sebuah benda dari denah yang di tentukan Melakukan diskusi dan latian dengan fasilitas soal | Menggambarkan letak benda secara sederhana | Tugas mandiri dan kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | | Tugas guru | Sumber buku MATEMATIA KA 6B alat:- |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas : V
Semester : II
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Standar Kompetensi :6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
| Kompetensi Dasar | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilain | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
| Teknik | Bentuk | Instrumen | ||||||
| 6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar | | | | | | | | |
| 6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang | | | | | | | | |
| 6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana | | | | | | | | |
| 6.4.Menyelidiki sifat sifat kesebangunan dan simetri | | | | | | | | |
| 6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | | | | | | | | |
Post a Comment for "prota promes dan silabus"
silahkan tulis pendapatmu disini