Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

prota promes dan silabus


PENGHITUNGAN PEKAN EFEKTIF
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas                           : V
Semester                      : I
Tahun Pelajaran                       : 2010/2011
Nama Sekolah             : MI Nurul Ulum Lebeng
A.     Jumlah Pekan
No
Bulan
Tanggal
Pekan
1
2
3
4
5
1
Juli
3
10
17
24
31
5
2
Agustus
7
14
21
28
-
4
3
September
4
11
18
25
-
4
4
Oktober
2
9
16
23
30
5
5
November
6
13
20
27
-
4
6
Desember
4
11
18
25
-
4
JUMLAH
26

B.     Jumlah Pekan Tidak Efektif
No
Bulan
Tanggal
Keterangan
Pekan
1
Juli
10
Perkiraan Isro’mimi’roj Nabi
1
2
Agustus
-
-
-
3
September
4,11
Libur hari raya idul fitri
2
4
Oktober
-
-
-
5
November
-
-
-
6
Desember
4,11,18,25
Ulangan Akhir Semester Gasal, Pembagian Rapor Peserta Didik, Libur Semester Gasal.
4
JUMLAH
7

C.     Jumlah pekan Efektif
No
Bulan
Tanggal
Pekan
1
Juli
3,17,24,31
4
2
Agustus
7,14,21,28
4
3
September
18,25
2
4
Oktober
2,9,16,23,30
5
5
November
6,13,20,27
4
6
Desember
-
-
JUMLAH
19

Jumlah pekan efektif   = Jumlah pekan – Jumlah Pekan Tidak Efektif
                                    = 26 – 7
                                    = 19
Dikarenakan setiap 1 pekan terdapat 2 jam pelajaran, maka apabila 18 pekan (pertemuan):
= 19 x 2
= 38
Catatan: 1 jam  pelajaran = 35 menit







PENGHITUNGAN PEKAN EFEKTIF
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas                           : V
Semester                      : II
Tahun Pelajaran                       : 2010/2011
Nama Sekolah             : MI Nurul Ulum Lebeng
A.     Jumlah Pekan
No
Bulan
Tanggal
Pekan
1
2
3
4
5
1
Januari
1
8
15
22
29
5
2
Februari
5
12
19
26
-
4
3
Maret
5
12
19
26
-
4
4
April
2
9
16
23
30
5
5
Mei
7
14
21
28
-
4
6
Juni
4
11
18
25
-
4
JUMLAH
26

B.     Jumlah Pekan Tidak Efektif
No
Bulan
Tanggal
Keterangan
Pekan
1
Januari
1
Lanjutan Telaah dan Penjabaran serta pendalaman materi SKL UN tahun pelajaran 2010/2011
1
2
Februari
-
-
-
3
Maret
-
-
-
4
April
-
-
-
5
Mei
21,28
Perkiraan UAMBN MI
2
6
Juni
4,11,18,25
Ulangan Akhir Semester,Pembagian Rapor, Pengumuman Pendaftaran, Analisa dan Daftar Ulang PPD
4
JUMLAH
7

C.     Jumlah pekan Efektif
No
Bulan
Tanggal
Pekan
1
Januari
8,15,22,29
4
2
Februari
5,12,19,26
4
3
Maret
5,12,19,26
4
4
April
2,9,16,23,30
5
5
Mei
7,14,
2
6
Juni
-
-
JUMLAH
19

Jumlah pekan efektif   = Jumlah pekan – Jumlah Pekan Tidak Efektif
                                    = 26 – 7
                                    = 19
Dikarenakan setiap 1 pekan terdapat 2 jam pelajaran, maka apabila 18 pekan (pertemuan):
= 19 x 2
= 38
Catatan: 1 jam  pelajaran = 35 menit









PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS X SEMESTER I & II
MI NURUL ULUM LEBENG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA
Kelas                           : V
Semester                      : I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
(jam pelajaran)
Keterangan
1.      Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah











2.      Menggunakan pengukuran waktu, Sudut, Jarak, kecepatan dalam pemecahan masalah















3.      Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakanya dalam pemecahan masalah





4.      Menghitung Volume kubus, dan balok dan menggunakanya dalam pemecahan Masalah
1.1.Melakukan Operasi Hitung Bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran

1.2.Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB

1.3.Melakukan operasi hitung campuran bilangn bulat

1.4.Menghitung perpangkatan dan akar sederhana

1.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB


2.1.Menulis tanda waktu dengan menggunakan notaso 24 jam

2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu


2.3.Melakukan pengukuran sudut

2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan

2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan


3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

3.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar




4.1. Menghitung volume kubus dan balok

4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus

2





4


2


4



2





2


2



2


2



4






2

4






2


4



JUMLAH
38


Mengetahui,

Mengetahui,
Kepala Madrasah


???????????????
NIP.
Guru Pengampu,


Bisri Mustofa
NIM.102331199




































PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS X SEMESTER I & II
MI NURUL ULUM LEBENG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA
Kelas                           : V
Semester                      : II
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
3.      Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
4.      Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3. mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4. menggunakan  pecahan dalam masalah  perbandingan dan skala

4.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

4.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang

4.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
4.4.Menyelidiki sifat sifat kesebangunan dan simetri

4.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana

4

4

4


6


2

2


4


6




6

Jumlah
38

PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA                                                                                                                                                KELAS/ SEMESTER          : V/I
SATUAN PANDIDIKAN   : MI NURUL ULUM LEBENG                                                                                                                         TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Jam
Pelaksanaan Bulan dan Pekan Ke
Keterangan
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.      Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah


1.1.Melakukan Operasi Hitung Bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran

1.2.Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB

1.3.Melakukan operasi hitung campuran bilangn bulat

1.4.Menghitung perpangkatan dan akar sederhana

1.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB


2










4




2




4



2































2.      Menggunakan pengukuran waktu, Sudut, Jarak, kecepatan dalam pemecahan masalah

2.1.Menulis tanda waktu dengan menggunakan notaso 24 jam

2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu


2.3.Melakukan pengukuran sudut

2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan

2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan



2







2





2




2





4






3.      Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakanya dalam pemecahan masalah

3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

3.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar



2




4
4.      Menghitung Volume kubus, dan balok dan menggunakanya dalam pemecahan Masalah
4.1. Menghitung volume kubus dan balok

4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus

2


4

Cadangan Waktu

Ulangan Tengah Semester

Ulangan Akhir Semester

JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Madrasah                                                                                               Guru Kelas

Suratno                                                                                                               Bisri Mustofa
NIP.330207 120 792                                                                                                NIM. 102331199




PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA                                                                                                                                                KELAS/ SEMESTER          : V/II
SATUAN PANDIDIKAN   : MI NURUL ULUM LEBENG                                                                                                                         TAHUN PELAJARAN        : 2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Waktu
Jam
Pelaksanaan Bulan dan Pekan Ke
Keterangan
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
5.      Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3. mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4. menggunakan  pecahan dalam masalah  perbandingan dan skala

































6.      Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang

6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
6.4.Menyelidiki sifat sifat kesebangunan dan simetri

6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana

Cadangan Waktu

Ulangan Tengah Semester

Ulangan Akhir Semester

JUMLAH



Mengetahui,
Kepala Madrasah                                                                                               Guru Kelas


Suratno                                                                                                               Bisri Mustofa
NIP.330207 120 792                                                                                                NIM. 102331199
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                       : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas                           : V
Semester                     : I
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Standar Kompetensi   : 1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Pemecahan Masalah

Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilain
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
1.1.Melakukan Operasi Hitung Bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran

Operasi hitung bilangan

Sifat opeerasi hitung bilangan
o   Pengerjaan hitung campuran (hlm.2)

o   Memahami contoh  soal hlm. 2

o   Mengerjakan latian 1 dan 2 (hlm.3)
o   Melakukan pekerjaan hitung campuran.

Tugas individu
Uraian
Latian 1,2 hlm 3

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: Buku
1.2.Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB

Faktorisasi prima untuk menentukan FBP dan KPK (hlm.4)
Memahami cara mencari faktor prima suatu bilangan

Mengerjakan latian 4,5, hal 5
Mencari faktor prima suatu bilangan
Tugas individu
Laporan buku pekerjaan Rumah
Latian 6,7 hlm.4



Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: Buku
1.3.Melakukan operasi hitung campuran bilangn bulat
Mencari hasil penjumlahan,  pengurangan perkalian bilangan bulat.

Mencari hasil operasi hitung campuran deengan bilangan bulat
Mengerjakan latian 12 dan 13 hlm.17

Mengerjakan latian 13 no. Ganjil hal.17
Melakukan operasi hitung campuran
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah
Latian 12, 13, hlm.17

Latian 13, no ganjil. Hal.17

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: Buku
1.4.Menghitung perpangkatan dan akar sederhana

Akar pangkat tiga
·         Arti pangkat tiga suatu bilangan
·         Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan
Memahami bilangan  pangkat dua,tiga, empat dan seterusnya.

Memahami contoh hal.20

Memahami latian 1 dan 2, hal.21
Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkat tiga suatu bilangan
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah
Latian 1 dan 2 halaman 21

Latian 2 hal.22

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -
1.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB

Operasi hitun g bilangan
·         Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
Memahami contoh hlm.27

Mengerjakan latian 8 s.d 11
Menghitung operasi pada bilangan berpangkat
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah
Latian 8 hlm.27

Latian 9 hlm.27

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -

SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                       : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas                           : V
Semester                     : I
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Standar Kompetensi   : 2. Menggunakan pengukuran waktu, Sudut, Jarak, kecepatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilain
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
2.1.Melakukan operasi hitung satuan waktu


Pengukuran

·         Hubunga jam menit dan detik

Memahami hubungan antara jam,menit, detik

Mengerjakan latian 1 dan 2

Memahami contoh dalam bentuk soal cerita
Menghitung hubungan jam,menit,detik
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah
Latian dari  guru

Latian 1,,2 hlm.33

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: dua botol susu plastik, jam tangan ,paku ukuran besar dan sedang,spidol besar dan air secukupnyaa
2.2.Melakukan pengukuran sudut



Hubungan antar satuan volume
Mengerjakan latian 3 hlm.34

Mengerjakan latian 4 hlm.34

Menentukan dan menaksir sudut.

Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah
Latian 4 hlm 35

Mencongak mlm.36

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -
2.3.Mengenal satuan jarak dan kecepatan

Mengenal satuan debit
Menjelaskan rumus untuk menghitung debit air

Menjelaskan contoh hal. 43
Mengenal hubungan antar satuan jarak

Menghitung satuan jarak
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah
Latian 1 hlm 44

Teka-teki silang cepat hitung hlm.45

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: dua botol susu plastik, jam tangan ,paku ukuran besar dan sedang,spidol besar dan air secukupnyaa
2.4.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan


Operasi hitun g bilangan
·         Menyelesaikan masalah yang melibatkan waktu,jarak,dan kecepatan.
Menugaskan mengerjakan latiann 4,5 hal 45

Menugaskan untuk mengerjakan uji kompetensi bab 2 hlm 45
Menghitung masalah yang berkaitan dengan waktu jarak dan kecepatan.
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah


Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -


SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                       : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas                           : V
Semester                     : I
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Standar Kompetensi   : 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakanya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilain
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
3.1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

Menurunkan rumus luas bangun datar dari persegi panjang
Menjelaskan luas jajaran genjang

Mempelajari contoh penyelesaian latian 1 s.d 6
Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah


Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -
3.2.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar

Luas segi banyak mlm.55
Memahami bangun:
-          Trapesium
-          Belak ketupat
-          Layang-layang
Menghitung luas berbagai bangun datar
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah


Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -
3.3. Menghitung volume kubus dan balok

Luas dan volume

Luas lingkaran
·         Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar
·         Luas segi banyak
Memahami dan mencatat luas lingkaran
Panjang jari-jari=1/2 garis tengah

Memahami contoh soal halaman 61 dan 62

Mengerjakan latian 1 s.d 4
Menurunkan rumus luas lingkaran

Menghitung luas lingkaran jika di ketahui jari-jarinya, dan dia meternya.
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah
Latiann 1 hlm.60

Latian 2 hlm.62

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -
3.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus
luas prisma segitiga dan bangun linhgkaran
·         Menerapkan rumus volume tabung lingkaran
memahami rumus volume bangun
-          Prisma segitiga
V=1/2(alas x tinggi) x tinggi prisma
Menurunkan rumus volume bangun

Menghitung volume bangun ruan
Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah
Latiann 1 hlm.67

Latian 2 hlm.68

Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -




SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                       : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas                           : V
Semester                     : I
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Standar Kompetensi   : 4. Menghitung Volume kubus, dan balok dan menggunakanya dalam pemecahan Masalah
Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilain
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
4.1. Menghitung volume kubus dan balok


Menerapkan dan menghitung volume kubus
Menjelaskan contoh soal hlm.80

Menugaskan mengerjakan kegiatan 1-4

Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah


Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus
Menyelesaikan masalah yang melibatkan volume kubus
Mengerjakan latian 1 hal 88

Mengerjakan tugas hlm. 89

Tugas mandiri
Laporan buku pekerjaan rumah


Sumber: Buku MATEMATIKA A6A

Alat: -






SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                       : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas                           : V
Semester                     : II
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Standar Kompetensi   : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilain
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
5.1.  Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya

OPERASSI HITUNG
Operasi hitung pecahan
Menulis berbagai bentuk bilangan pecahan biasa, campuran, desimal,

Melakjukan  percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat di ambil dari kehidupan sehari-hari
Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai

Membulatkan pecahan desimal sampaim dua angka di belakang koma
Tugas mandiri dan kelompok
Laporan buku pekerjaan rumah
Tugas guru

Sumber buku
MATEMATIA
KA 6B

alat:-
5.2. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan

OPERASSI HITUNG
Operasi hitung pecahan
Melakukan diskuasi kelas untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pecahan

Melakukan latian soal yang memecahkan pecahan dalam kehidupan sehari hari.
Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai


Tugas mandiri dan kelompok
Laporan buku pekerjaan rumah
Dan uraian obyek
Tugas guru

Sumber buku
MATEMATIA
KA 6B

alat:-
5.3. mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
OPERASSI HITUNG
Operasi hitung pecahan
Membahas permasalahan sehari hari yang berhubungan dengan letak sebuah pecahan
Membulatkan pecahan desimal sampaim dua angka di belakang koma
Tugas mandiri dan kelompok
Laporan buku pekerjaan rumah

Buatlah sebuah pecahan
Sumber buku
MATEMATIA
KA 6B

alat:-
5.4. menggunakan  pecahan dalam masalah  perbandingan dan skala
OPERASSI HITUNG
Operasi hitung bilangan
Melakukan diskusi dan tanya jawab untuk meentukan letak sebuah benda dari denah yang di tentukan

Melakukan diskusi dan latian dengan fasilitas soal
Menggambarkan letak benda secara sederhana
Tugas mandiri dan kelompok
Laporan buku pekerjaan rumah

Tugas guru
Sumber buku
MATEMATIA
KA 6B

alat:-




SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah                       : MI NURUL ULUM LEBENG
Kelas                           : V
Semester                     : II
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Standar Kompetensi   :6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilain
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar








6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang










6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana









6.4.Menyelidiki sifat sifat kesebangunan dan simetri









6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana










Post a Comment for "prota promes dan silabus"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel